Abstrak | : Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia merupakan salah satu yang tertinggi
di dunia. Secara langsung, hal tersebut juga memiliki dampak terhadap
pertumbuhaan transaksi online melalui e-commerce. Mayoritas pelaku e-commerce
merupakan UKM. Hingga saat ini, peran UKM telah terbukti mampu menggerakan
roda perekonomian dalam negeri. Marketplace online, sebagai salah satu pilihan e-
commerce, memiliki peran yang sentral dalam menarik UKM untuk berperan dalam
perdangan online. Namun demikian, masih terdapat beberapa kendala terkait minat
pembelian online yang dirasakan oleh konsumen. Kendala tersebut merupakan
faktor penghambat pertumbuhan pembelanjaan online. Oleh karena itu, penelitian
ini dilakukan untuk dapat mencari faktor-faktor yang secara langsung dapat
meningkatkan minat beli konsumen untuk melakukan pembelanjaan online.
Penelitian ini dilakukan di Kota Kudus dengan asumsi bahwa Kota Kudus
merupakan salah satu kota yang telah terbiasa melakukan pembelian online. |