Abstrak | : Bagi umat Islam membaca Al-Qur?an itu sangat penting karena Al-Qur?an merupakan
petunjuk kehidupan, didalam Al-Qur?an ada pesan untuk seluruh umat manusia. Namun dalam kenyataannya di kehidupan masyarakat masih banyak ditemui kesulitan dalam membaca Al-Qur?an secara baik dan benar. Bahkan masih banyak yang buta huruf Al-Qur?an. Hal ini dikarenakan belum menemukan metode yang cepat dan mudah untuk membaca Al-Qur?an sehingga malas untuk belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis ilmu tajwid melalui metode qiro?ati, mendeskripsikan dan menganalisis membaca Al-Qur?an, dan mendeskripsikan
serta menganalisis ilmu tajwid melalui metode qiro?ati dalam membaca Al-Qur?an. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Dalam penelitian ini, penulis menggunakan sumber data primer yang terdiri dari buku-buku dan artikel ilmiah yang ditulis atau diterbitkan sebagai pendukung yang berhubungan dengan ilmu tajwid melalui metode qiro?ati dalam meningkatkan bacaan Al-Qur?an.
Metode qiro?ati dalam pembelajaran mencakup teknik klasik dan teknik individual,
Media yang digunakan yaitu evaluasi halaman jilid, evaluasi kenaikan jilid dan IMTAS. Metode qiro?ati terdapat dua pokok yang mendasari yakni; membaca Al-Qur?an secara langsung dan pembiasaan pembacaan dengan tartil sesuai dengan ilmu tajwid. Terlebih lagi metode qiro?ati menggunakan beberapa metode yakni metode ceramah, metode praktik, metode meniru (musyafahah), metode sintetik (tarkibiyah) dan metode bunyi.
Kata Kunci: Membaca Al-Qur?an, Ilmu Tajwid, Metode Qiro?ati |