Abstrak | : Kemajuan teknologi telah mengubah pola kehidupan masyarakat menjadi modern. Dewasa
ini kemajuan teknologi di bidang komunikasi, yaitu gadget, tumbuh pesat di kalangan anak-
anak. Riva (2012:11), keberadaaan aneka permainan tergusur oleh permainan virtual karena
menajamnya teknologi dalam beberapa tahun terakhir membuat permainan tradisional
menghilang, hanya beberapa jenis permainan saja yang masih dilakukan oleh masyarakat di
desa tertentu.
Karya tulis ini bertujuan untuk menganalisis minat generasi A, terutama siswa kelas 4
sampai kelas 5 jenjang sekolah dasar, terhadap permainan tradisional dan permainan
modern. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan studi komparatif guna memahami
preferensi dan tren yang berkembang di kalangan siswa dalam memilih jenis permainan.
Metode penelitian yang digunakan melibatkan survei dan analisis data dari sejumlah siswa
kelas 4 dan kelas 5 di sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar
siswa lebih tertarik dan cenderung memilih permainan modern dibandingkan permainan
tradisional. Hasil pemilihan tersebut dipengaruhi berbagai faktor.
Implikasi dari penelitian ini dapat digunakan untuk pengembangan strategi pembelajaran
yang lebih efektif dan menyenangkan dalam konteks pendidikan formal maupun non-formal.
Selain itu, hasil penelitian ini juga dapat menjadi acuan bagi industri game dan pendidikan
untuk menghasilkan permainan yang sesuai dengan minat dan kebutuhan generasi A saat ini.
Kata kunci : Generasi A, Peralihan, Permainan Modern, Permainan Tradisional. |