Detail karya tulis

Judul: Penerapan Metode Yanbu?a Dalam Meningkatkan Pemahaman Baca Al-Qur?an Pada Anak TPQ di Semarang
Nama Ketua : Azkan Nafsi Dzakiyya
Kelas : 12 KEAGAMAAN
NIS : 11604
Nama Anggota : Dainiera Muhjatul Qolbi Mutala'i
Kelas : 12 KEAGAMAAN
NIS : 11606
Kategori : Keagamaan
Pembimbing : Dawam Syaifuddin,S.Ag.
Tanggal Pengesahan : 06-05-2023
Abstrak : Al-Qur?an merupakan kitab suci yang terakhir dan istimewa yang diturunkan Allah kepada manusia. Karena, tidak hanya mempelajari dan mengamalkan isinya saja yang menjadi keutamaan, tetapi membacanya pun juga bernilai ibadah, terlebih lagi sebagai seorang muslim dimana Al-Qur?an menjadi pedoman hidup dalam meniti kehidupan. Maka untuk bias membaca Al-Qur?an dengan baik dan benar dibutuhkan suatu proses yang tidak instan, perlunya penanaman sejak kecil untuk belajar Al-Qur?an baik di dalam pendidikan informal, formal, dan nonformal.1 Metode Yanbu?a adalah suatu metode pembelajaran membaca, menulis, dan menghafal Al-Qur?an yang disusun sistematis, terdiri dari 7 jilid. Cara membacanya langsung, tidak mengeja, cepat, tepat, benar, dan tidak putus-putus sesuai dengan makhorijul huruf dan ilmu tajwid.2 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran saat berlangsung, dan evaluasi, serta faktor penghambat dan pendukung metode Yanbu?a dalam meningkatkan kemampuan keterampilan membaca Al-Qur?an. Metode Yanbu?a merupakan cara belajar yang sangat lengkap dan praktis dengan pemilihan materi pembelajaran dan teknik penyampaian yang sederhana dan praktis kepada anak-anak yang memudahkan siswa untuk memahaminya terutama untuk keterampilan membaca Al-Qur?an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, jenis pengumpulan datanya menggunakan observasi dan wawancara untuk mengetahui proses perencanaan, proses pembelajaran yang berlangsung, dan proses evaluasi secara keseluruhan serta factor penghambat dan pendukung pelaksanaan pembelajaran pada umumnya yang meliputi kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup, Sedangkan evaluasi pembelajaran dilakukan setiap hari dan setiap kenaikan jilid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode Yanbu?a dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur?an. Kata kunci: Efektif, Metode Yanbu?a, Membaca Al-Qur?an
Link : Download