Abstrak | : Erlinda Ratnadewati. 2023. Studi Kualitatif: Peranan Schoolfess Di Twitter Terhadap Motivation Of Learning Siswa SMA Melalui Media Sosial.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1.) Untuk mengetahui peranan akun Twitter @schfess terhadap para siswa SMA yang menjadi pengikutnya; dan 2.) Untuk dapat menganalisis pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa SMA yang menjadi pengikut akun @schfess. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan case study (study kasus). Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari tahun 2023 melalui link kuesioner di akun Twitter @schfess. Jumlah responden pada penelitian ini berjumlah 33 siswa SMA yang terdiri dari kelas 10, 11, hingga kelas 12. Sumber data yang dipakai pada penelitian ini adalah Data Primer. Mengacu pada pemberian kuesioner secara langsung kepada responden yang menjadi objek penelitian melalui link yang akan dibagikan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1.) Adanya peranan akun media sosial SchoolFess di Twitter terhadap motivasi belajar siswa SMA; dan 2.) Adanya pengaruh dari interaksi sesama pengguna fasilitas dari akun Twitter @schfess terhadap penciptaan lingkungan belajar yang lebih baik.
Kata kunci: SchoolFess, Twitter, motivasi, belajar, siswa, SMA. |