Abstrak | : Kemajuan teknologi kian menjawab masalah-masalah yang muncul dalam kehidupan manusia. Sebagai contoh kecil, dahulu seseorang ketika ingin membeli makanan atau minuman maka harus pergi ke rumah makan atau kedainya secara langsung. Adanya fitur Go-Food mampu memberikan kesempatan bagi konsumen untuk melakukan transaksi dengan cepat, mudah serta dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Namun selain kemudahan ternyata layanan Go-Food juga dapat menimbulkan dampak negatif bagi pengguna diantaranya akan menimbulkan sikap malas, ketergantungan, dan perilaku konsumtif. Perilaku konsumtif ini juga terjadi dikalangan peserta didik boarding kelas XII MAN 2 Kudus.
Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya pengaruh dan seberapa besar pengaruh kemudahan penggunaan layanan Go-Food terhadap perilaku konsumtif peserta didik boarding kelas XII MAN 2 Kudus. Penelitian ini menggunakan satu variabel independen yaitu variabel Kemudahan Penggunaan (X) dan satu variabel dependennya yaitu Perilaku Konsumtif (Y). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 122 peserta didik boarding kelas XII MAN 2 Kudus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner berupa pernyataan melalui google form yang disebar kepada responden pengguna layanan Go- Food dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan pengolahan data menggunakan SPSS.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel independen (X) berpengaruh terhadap variabel dependen (Y). Besarnya koefisien determinasi ( R square) adalah 5,8%. Hal ini berarti variabel independen hanya mampu menjelaskan sebesar 5,8% variabel dependen, sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model regresi dalam penelitian ini.
Kata kunci : Kemudahan Penggunaan, Perilaku Konsumtif, Go-Food |