Detail karya tulis

Judul: Efektivitas Digital Marketing pada Masa Covid-19 : Studi Kasus UMKM Kabupaten Jepara
Nama Ketua : Isyana Dwi Aryaningsih
Kelas : 12 IPS 2
NIS : 11503
Nama Anggota : Anggita Eka Ardhana
Kelas : 12 IPS 2
NIS : 114941
Kategori : Sosial
Pembimbing : Herni Mulyandari. S.Pd.
Tanggal Pengesahan : 07-06-2023
Abstrak : Digital marketing merupakan kegiatan promosi dan pencarian pasar melalui media digital secara online. Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Jepara menjadi tulang punggung pemulihan ekonomi pada masa Covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui metode digital marketing yang digunakan dan alasan pemulihannya; (2) menganalisis efektivitas pelaksanaan metode digital marketing yang dipilih; (3) mengetahui kendala dalam penggunaan digital marketing yang digunakan; dan (4) mengkaji strategi pengembangan digital marketing kedepannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data berupa wawancara mendalam dan dokumentasi. Adapun subjek pada penelitian ini terdiri atas 10 informan pemilik UMKM di Kota Jepara yang menggunakan metode penjualan digital melalui media sosial, took online, dan website. Dari hasil penelitian ini didapatkan data bahwa metode digital yang mampu membantu UMKM di Kota Jepara merupakan online shop seperti Tokopedia, Shopefood, dan objek online atau menggunakan media sosial seperti Instagram, status WhatsApp, dan grup WhatsApp. Selain media sosial tersebut website pribadi perusahaan juga mampu membantu UMKM dalam meningkatkan pemasarannya.
Link : Download