Abstrak | : Digital marketing merupakan kegiatan promosi dan pencarian pasar melalui
media digital secara online. Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota
Jepara menjadi tulang punggung pemulihan ekonomi pada masa Covid-19. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui metode digital marketing yang
digunakan dan alasan pemulihannya; (2) menganalisis efektivitas pelaksanaan
metode digital marketing yang dipilih; (3) mengetahui kendala dalam penggunaan
digital marketing yang digunakan; dan (4) mengkaji strategi pengembangan digital
marketing kedepannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan
pengumpulan data berupa wawancara mendalam dan dokumentasi. Adapun subjek
pada penelitian ini terdiri atas 10 informan pemilik UMKM di Kota Jepara yang
menggunakan metode penjualan digital melalui media sosial, took online, dan
website. Dari hasil penelitian ini didapatkan data bahwa metode digital yang
mampu membantu UMKM di Kota Jepara merupakan online shop seperti
Tokopedia, Shopefood, dan objek online atau menggunakan media sosial seperti
Instagram, status WhatsApp, dan grup WhatsApp. Selain media sosial tersebut
website pribadi perusahaan juga mampu membantu UMKM dalam meningkatkan
pemasarannya. |