Abstrak | : Abstract
Verbal bullying is an aggressive act in the form of verbal or utterance that is carried out intentionally and repeatedly with the aim of controlling, showing power, hurting, terrorizing or just for fun. The widespread occurrence of verbal bullying in the current era is often considered a simple thing, even though basically bullying has a very strong influence on a person's mental health. As we know, teenagers grow and develop more in the school environment, therefore school is one of the factors The main emergence of cases of verbal bullying. The aim of this research is to find out how big the role of schools is in efforts to reduce cases of verbal bullying in Indonesia. This research uses a qualitative descriptive approach with a documentation observation interview method. With this research, it was found that schools have more than 50% influence in efforts to reduce verbal bullying, especially at MTs Negeri 1 Pati, it was found that there were only around 3% of cases, this can be a benchmark that schools play a very important role in efforts to reduce these cases.
Keywords: Verbal bullying, school, cases, efforts.
Abstrak
Verbal bullying merupakan suatu tindakan agresif dalam bentuk verbal atau ucapan yang dilakukan secara sengaja dan berulang dengan tujuan menguasai, menunjukan kekuatan, menyakiti,meneror atau hanya untuk kesenangan semata. Marak terjadinya verbal bullying di era sekarang seringkali dianggap hal sederhana , padahal pada dasarnya bullying memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap Kesehatan mental seseorang.Seperti yang kita tahu bahwasanya para remaja lebih banyak tumbuh dan berkembang di lingkungan sekolah ,oleh karena itu sekolah menjadi salah satu faktor utama kemunculan kasus verbal bullying.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar peranan sekolah dalam upaya mengurangi kasus verbal bullying yang ada di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode wawancara observasi dokumentasi. Dengan adanya penelitian ini didapatkan bahwasanya sekolah memiliki pengaruh lebih dari 50% dalam upaya pengurangan verbal bullying,terutama di MTs Negeri 1 Pati didapati bahwa hanya terdapat sekitar 3% kasus,hal ini dapat menjadi tolak ukur bahwa sekolah berperan sangat penting dalam upaya mengurangi kasus tersebut.
Kata Kunci : Verbal bullying, sekolah, kasus, upaya. |