Abstrak | : Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas IVA SDN Cangkring Rembang Demak menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa pokok bahasan mata pelajaran IPS materi sejarah kerajaan nusantara masih rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan sejarah kerajaan nusantara yaitu dengan menerapkan media pembelajaran berbasis monopoli. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana peranan dan tanggapan siswa pada monopoli sebagai media pembelajaran pada pokok bahasan sejarah kerajaan nusantara di SDN Cangkring Rembang. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengalisis peranan monopoli sebagai media pembelajaran dan mengetahui respon siswa melalui hasil belajar pada pokok bahasan sejarah kerajaan nusantara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan yang berorientasi pada produk (Research and Development) Penelitian dan pengembangan ini akan menghasilkan media pembelajaran berupa papan permainan sebagai pembelajaran yang memuat materi kerajaan di nusantara di sekolah dasar yang terdiri dari 3 tahapan yaitu pendahuluan, pengembangan dan evaluasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah 21 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil rata-rata persentase peranan monopoli dalam membantu meningkatkan hasil belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 82%, sedangkan untuk hasil respon siswa memperoleh tanggapan yang positif secara signifikan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan monopoli sebagai media Pembelajaran Sejarah Kerajaan Nusantara di kelas IV SDN Cangkring Rembang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Kata kunci : aktifitas belajar,manfaat,media pembelajaran. |