Detail karya tulis

Judul: Speaking Anxiety : Interferensi Fonologis dan Interferensi Leksikal Tuturan Dialek Jawa Terhadap Penutur Bilingual pada Bahasa Indonesia oleh Siswa MAN 2 Kudus
Nama Ketua : Salsabila Nailal 'Ulya
Kelas : 12 IPS 1
NIS : 11901
Nama Anggota : Shabrina Zahra Wibowo
Kelas : 12 IPS 1
NIS : 11905
Kategori : Sosial
Pembimbing : Ambarwati S.Pd., M.Pd.
Tanggal Pengesahan : 16-03-2024
Abstrak : Interferensi Fonologis dan Leksikal masih sering terjadi dalam penggunan bahasa Indonesia, terutama pada komunikasi sehari-hari. Penggunaan unsur bahasa lain dalam pemakaian bahasa, yang dianggap kesalahan karena menyimpang dari peratuturan bahasa. Interferensi Fonologis dan Leksikal sering terjadi oleh siswa MAN 2 Kudus karena masih terbawa adanya dialek jawa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali solusi untuk mengurangi terjadinya interferensi, agar kesalahan ini dapat diperbaiki. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Interferensi dapat berkurang apabila sering latihan berbicara, sehingga mental akan terbiasa berbicara di depan publik, baik dalam lingkup kecil maupun besar. Yakin dan percaya pada kemampuan diri sendiri juga merupakan hal yang sangat penting dilakukan untuk mengatasi kecemasan berbicara yang dihadapi.
Link : Download