Abstrak | : Pasar Tradisional memegang peran penting sebagai titik tumpu perekonomian masyarakat, keberadaan pasar tradisional merupakan salah satu sektor penting yang mendudkung perekonomia rakyat. Namun keadaan yang ada pasar tradisional identik dengan citra negatif. Untuk itu, agar bisa bersaing dengan pasar modern dan mampu terus beroperasi diperlukannya pengembangan pasar berupa revitalisasi. Revitalisasi pasar tradisional yang dilakukan diharapkan tidak hanya berdampak terhadap aspek manajemen serta aspek ekonomi dengan tujuan dapat meningkatkan kepuasan pedagang.
Rumusan masalahnya adalah bagaimana pelaksanaan program pengembangan pasar tradisional di Pasar rakyat Mayong Jepara dan bagaimana analisis startegi pengembangan pasar tradisional dalam meningkatkan kepuasan pedagang di Pasar rakyat Mayong. Jenis penelitian dalam penulisan penelitian yang dilakukan peneliti adalah penelitian (field research), yaitu suatu penelitian yang dilakukan dilokasi penelitian dengan mengadakan pengamatan tentang suatu fenomena dalam suatu kedaan alamiah, sedangkan dalam pengumpulan data, menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan pedagang terhadap pengembangan pasar yang dilakukan di Pasar Mayong hanya aspek daya tanggap (Responsiveness), keandalan Realibility), kemampuan fisik (Tangible) memberikan dampak positif sedangakan jaminan (Assurance) membawa dampak negatif, perlu ditingkatkan dalam pemeliharaan Mayong
|