Abstrak | : Tulisan ini membahas tentang aktivitas menghafal Al-Qur’an pengaruhnya
terhadap prestasi hasil studi santri. Penelitian dilakukan di Pondok Pesantren Yasin
sebagai tempat pendidikan bagi santri yang berlokasi di Desa Sunggingan
Kecamatan Kota Kudus Kabupaten Kudus Jawa Tengah. Peneliti mengidentifikasi
terkait aktivitas menghafal Al-Qur’an dan pengaruhnya terhadap prestasi akademik
santri. Pendekatan yang dilakukan adalah kuantitatif dengan metode kuesioner,
melalui teknik pengumpulan data melalui angket terhadap 10 santri yang menghafal
dan 10 santri yang tidak menghafal sebagai sampel objek penelitian. Skor yang
diambil adalah skor rata-rata sikap dan prestasi antara santri yang menghafal dan
tidak menghafal. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik editing, coding,
skoring. Dari hasil penelitian teridentifikasi bahwa aktivitas menghafal Al-Qur’an
berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap akademi santri. Untuk
meningkatkan kualitas penyelenggaraan program takhfidz bagi santri, maka
peneliti merekomendasikan beberapa masukan, antara lain; (1) para pembimbing
takhfidz diharapkan semakin meningkatkan perhatiannya terhadap santri dalam
menghafal dan mempelajari Al-Qur’an, (2) pengaturan jadwal belajar yang
proporsional dengan menyesuaikan pada taraf kemampuan santri
. |